Test Kecepatan Internet

Kecepatan internet adalah salah satu bahan pertimbangan pengguna internet untuk memilih jaringan internet dan modem yang akan digunakannya. Kadangkala harga pulsa dan modem yang mahal tidak menunjukkan kecepatan internet yang kita inginkan.


Sebelum Anda mengeluarkan lebih banyak uang untuk Membeli paket Internet yang mahal, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui  seberapa cepat kecepatan Modem/Internet dari provider yang Anda gunakan.

Berikut sala satu cara untuk mengetahui kecepatn internet yang akan kita gunakan

1. PENGUJIAN PING TEST
Ping merupakan singkatan dari "Packet Internet Groper" yang merupakan aplikasi untuk menguji konektivitas pada sebuah jaringan.
Untuk pengujian Ping Test Anda bisa menuju ke http://www.pingtest.net

detail:
  • Ping digunakan untuk memastikan bahwa satu komputer yang dituju sedang aktif dan memberi respon balik
  • Packet Loss adalah banyaknya paket yang hilang selama proses terjadi. 
  • Jitter adalah perbedaan selang waktu kedatangan antar paket diterminal tujuan. Semakin besar beban trafik maka dapat terjadi Congestion dan menyebabkan Jitter semakin besar

2. PENGUJIAN SPEEDTEST
Untuk menguji kecepatan Internet yang Anda miliki, Anda bisa melakukan pengujian Speedtest. Dengan pengujian ini Anda akan mengetahui seberapa besar sebenarnya kecepatan yang disediakan oleh ISP.
Pengujian dapat dilakukan dengan website http://speedtest.net dan sebagai pembanding Anda dapat menggunakan website http://testinternetspeed.org
Dengan Speedtest Anda dapat mengetahui seberapa cepat maksimal download dan upload dari ISP yang anda gunakan.

3. PENGUJIAN STREAMING
Pengujian Streaming dilakukan untuk mengetahui kecepatan upload dari Internet Anda. Jika dalam streaming tidak terlalu banyak terjadi Buffer maka Internet anda tergolong lumayan Cepat, Jika tidak terjadi Buffer (Lancar) termasuk Cepat dan sebaliknya apabila sering terjadi Buffer maka Internet/modem anda tergolong Lambat.

Untuk Test Streaming anda dapat menggunakan Youtube.


4. PENGUJIAN DOWNLOAD
Untuk mengetahui kecepatan download maksimal dari modem/Internet Anda gunakan IDM sebagai alat untuk mendownload


http://portalsaintek.blogspot.com/
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar