Sebagai implementasi dari MoU antara UIN Suska Riau dengan Hochschule Amberg Weiden (HAW)-Jerman yang dimotori oleh Fakultas Sains dan Teknologi dan ditandatangai pimpinan kedua universitas pada November 2010 lalu di UIN Suska Riau, saat ini kedua universitas sedang melaksanakan kerjasama penelitian.
Seorang mahasiswa program Master dari HAW-Jerman, Rudolf A., sejak 14 April 2011 lalu melakukan penelitian konversi energi dari pelepah kelapa sawit. Hasil yang diharapkan dari penelitian yang akan berlangsung selama dua bulan ini adalah briket dengan positive by product berupa ethanol. Kedua produk ini merupakan bahan bakar yang potensial untuk dikembangkan.
Leading sector penelitian ini adalah Energy Research Centre (EnReach) UIN Suska Riau yang saat ini dipimpin oleh Kunaifi, ST., PgDipEnSt., MSc. dengan team Novriyanto, ST., MSc., Petir Papilo, ST., MSc., Zulfatri Aini, ST., MT., dan Liliana, ST., MT. Mengingat penelitian ini terkait dengan bidang ilmu Pertanian, EnReach melakukan kolaborasi dengan Laboratorium Patologi dan Mikrobiologi di Jurusan Pertanian, Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau yang dikoordinir oleh Ir. Irfan, MSc. Penelitian ini juga melibatkan seorang mahasiswa Jurusan T. Industri FST-UIN Suska Riau, Chairum, yang sekaligus melaksanakan Tugas Akhirnya.
Penelitian ini diawali dengan kunjungan ke PT. Asian Agri di Kabupaten Pelalawan, sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit milih investor Malaysia. Saat ini, penelitian yang dilaksanakan di Lab. Patologi dan Mikrobiologi di Jurusan Pertanian, sedang memasuku tahap fermentasi pelepah sawit untuk menghasilkan briket dan ethanol.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar